Digital Marketing (Bussiness Practice 3)

Digital marketing sebenarnya hampir sama dengan jualan offline, namun bedanya hanya dalam hal peng-aplikasi-an nya yang dilakukan secara online. Dan kali ini, saya akan meringkas beberapa teknik dalam melakukan digital marketing dari ilmu yang saya dapatkan dari Mata Kuliah Bussiness Practice 3.

  • Marketing Research
  1. Product Research
    • Mencari produk
    • Bisa repeat order atau tidak
    • Produk bisa habis atau kadaluarsa
  2. Research diri sendiri
    • Percakapan satu – satu
    • Lihat trend (Social media)
    • Free atau Bayar
  3. Customer Research
    • Usia
    • Pria atau wanita
    • Pendapatan pertahun dan jabatan
    • Pendidikan

  • Customer Traffic
    • Cold   = Blog Post
      •       Sosmed Update
      •       Content Video
    • Warm = Free / Paid
      •        Lead Magnet
      •        Produk Demo / Trial
    • Hot      = Paid Workshop
      •        Produk

Tujuan Internet Marketing yaitu untuk merubah customer sekarang  menjadi tertarik dan mengikuti keinginan kita.

  • The Five Things

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan ketika mendapat customer, antara lain :

  1. Lead Magnet (menaikan jumlah customer terpercaya dengan menggunakan bonus), Suatu strategi yang dibutuhkan dalam digital marketing dengan tujuan meminta informasi pribadi customer berupa alamat e-mail, nomor kontak, dan nama  macam Lead Magnet yang biasa dipakai untuk business:
    • Menarik
    • Spesifik Customer (free download/trial, diskon/free ongkir, kuis/survey, dll)
  2. The Trip Wire (merubah customer suscribe manjadi pembeli), Menawarkan jasa atau barang yang mendukung produk utama yang anda pasarkan. Ini sangat dibutuhkan karena tripwire bertujuan mengubah customer subcribes menjadi pembeli dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan kepercayaan pelanggan yang kuat karena itu kunci kesuksessan dalam digital marketing
    • Filter Lead Magnet
    • memaksimalkan front-end conversasion
  3. The Core Offer, Anda diharuskan create solution yang bisa membawa si persona ini dari kondisinya saat ini, menuju kondisi yang diinginkan dari core offer bisa didapatkan profit atau keuntungan
    • Banyak menyita waktu dan tenaga kita
    • Banyak mendapatkan penjualan dari traffic adtau lead yang kita buat.
    • fokus meningkatkan konversi dan optimasi
  4. Profit Maximiser, Setelah mengalami core offer adalah meningkatkan nilai rata-rata transaksi pelanggan.
    • Upsell (produk harus relevan)
    • Cross sell (produk tidak harus relevan)
    • Menaikkan harga
    • Promo/bundling/paket
    • Barang orang lain
    • Reseller
    • Recurring
    • Retargetting Network
  5. Return Path, Menjalin komunikasi yang menguntungkan dan strategis untuk membuat pelanggan membeli produk terus-terusan dengan menawarkan lead magnet, tripwire, dan core offer dari produk anda.
    • Exit Offers
    • Social media
    • Chat
    • Loyalty programs
    • Ad targetting
    • Content market
    • Outbound sales Calling
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s