4 Fungsi Bisnis Perusahaan Jasa (Radar Malang)

Pembicara : Bapak Kurniawan Muhammad

Berdiri tahun 1999 bersama 6 Radar lain (Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali dan Madura), Radar Malang menjadi 5 besar terbaik dari keseluruhan anak cabang perusahaan jawa pos group. Selain itu, Radar Malang sampai saat ini menjadi yang terbesar dalam hal oplah dan kapitalisasi (omset, laba).

Khusus untuk koran, Jawa Pos Group setiap tiga bulan mengadakan kompetisi terkait produk (konten) dari setiap koran. Yang dinilai antara lain foto, isi berita, infografis. Radar Malang beberapa kali berhasil menjadi salah satu dari 10 besar.

Bisnis Koran mempunyai suatu khas, yaitu mempunyai dua sisi yang secara “ideology” berbeda.

1. Idealis  : News

– Kepentingan Publik

– Keinginan Publik

2. Bisnis  : Iklan

– Kepentingan Klien

– Keinginan Klien

Dua kepentingan ini harus bisakawin”. Porsi untuk kepentingan Idealis harus lebih besar dari porsi untuk kepentingan bisnis.
Mengapa harus ada kepentingan bisnis? Karena koran adalah media industry, dan termasuk dalam entitas bisnis.

Bisnis koran adalah khas:

  • Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang
  • Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa
  • Jam kerja yang khas (divisi redaksi)

Tantangan Bisnis Koran

  1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
  1. Life Style yang berubah
  • Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
  • Mempengaruhi pola orang memasang iklan
  1. Perubahan demografis
  • Angka usia muda trennya selalu meningkat.
  • Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda.

What Did Radar Malang Do?

1. Strategi Konten

  • Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up

2. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)

  • Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak. Membuat batasan berita online dan berita cetak, Berita di online belum tentu ada di edisi cetak, Berita di edisi cetak belum tentu ada di edisi online. Intinya Online tidak boleh membunuh cetak, Online Harus melengkapi dan memperkuat cetak.

3. Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat

  • News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat. Ini membuat Radar Malang selalu dibutuhkan masyarakat sebagai referensi atau sebagai panduan.Menciptakan berita yang berbeda. Dengan berita yang berbeda itu, memunculkan kesan: “Hanya Radar Malang yang mampu melakukan”

4. Menggaet Minat Pembaca Muda

  • Rubrik Zetizen
  • Mengenalkan koran kepada generasi Z
  • Saat ini sudah punya 2.158 member
  • Pembaca usia muda < 20 tahun

” Ini penting untuk regenerasi pembaca ”

5. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan

6. Harus selalu berada dalamalam bawah sadarpembaca/masyarakat.

Maka, brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public.  Tampil melalui berita di koran saja tidak cukup.

  • Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event Radar Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!

Divisi Radar Malang

1.Redaksi

  • Membawa misi idealis
  • Pemimpin Redaksi

2.Iklan

  • Membawa misi bisnis
  • Manajer Iklan

3.Koran, Event dan Pengembangan Bisnis

  • Manajer

4.Keuangan

5.HRD dan Umum

Poros Pendukung : Radar Kanjuruhan sejak 28 Juni 2015, Radar Batu sejak 18 Agustus 2014, Manajer dan Semi otonom.

Marketing Radar Malang

– Berada di Divisi Iklan, Koran dan Event.

– Ketiganya bersinergi.

– Event-event yang dilaksanakan oleh Radar

Malang, baik event atas inisiasi sendiri maupun event by order, harus selalu berpijak pada kepentingan iklan dan koran. Sehingga tidak akan terjadi tumpang-tindih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s